Kamis, 19 Oktober 2017

Tempuh 251 Km, Ini Rute Kirab Pelajar dari Madiun ke Pesantren Nurul Jadid

Surabaya, NU Online
Ikatan Pelajar NU Jawa Timur menyambut Hari Santri Nasional 2017 bekerja sama dengan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton Probolinggo dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. IPNU Jatim akan menggelar perjalanan Kirab Resolusi Jihad yang diperkirakan akan menempuh jarak 251 km sebagai bentuk peringatan Hari Santri Nasional di Jawa Timur.

"Pelaksanaan Kirab pelajar akan berlangsung pada Jumat pagi (20/10) dimulai dari Madiun, Jombang, Surabaya, Pasuruan dan finish di Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo," kata Ketua IPNU Jatim Haikal Atiq Zamzami saat dihubungi via WhatsApp.

Perjalanan dilanjutkan dan peserta kirab akan shalat Jum'at di Masjid Agung Baitussalam Nganjuk. Setelah itu, rombongan bergerak menuju ke Jombang untuk berziarah ke makam KH Bisri Syansuri Denanyar, KH Wahab Hasbullah Tambak Beras, Hadratussyaikh Hasyim Asyari, dan istighotsah pelajar bersama santri Tebuireng.

Kemudian berlanjut menuju Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Kraksaan hingga Paiton. Di Surabaya peserta akan berziarah ke makam KH Ridwan Abdullah dan mendengarkan orasi kebangsaan yang akan dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Surabaya H A Muhibbin Zuhri di gedung Hoofdbestuur Nahdatoel Oelama Surabaya.

Di Pasuruan mereka akan jagongan bersama Bupati Pasuruan di pendopo. Selain itu, mereka mengaji 22 khataman Al-Qur'an di makam KH Abdul Hamid bersama pelajar santri Pasuruan dan makan 22 tumpeng di Masjid Agung Pasuruan.

Tiba di Probolinggo mereka akan singgah di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong untuk ngaji Hujjah Aswaja yang dipimpin langsung oleh Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah. Selain itu, mereka akan bermujahadah di Kantor PCNU Kraksaan.

"Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Paiton sebagai lokasi finish Kirab, tepatnya di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sesampainya akan diadakan penyerahan panji kirab di Pondok Pesantren Nurul Jadid," terang Haikal.

Selain itu, IPNU bersama Pesantren Nurul Jadid mencoba melakukan pemecahan rekor MURI Makan bersama "Tabheg" nasi khas santri Nurul Jadid dengan 10.000 santri dan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2017 hingga formasi mozaik 10.000 santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. (Rof Maulana/Alhafiz K)


Sumber : NU Online